Baca Juga

Assalamu Alaikum WR.WB


Manfa'at Surah Al-Ikhlas

Selamat malam .. pagi .. siang atau pun sore aja .. pada kesempatan yang ke 30x nya ini .. Catatan Si Oon .. akan berbagi Manfa'at Surah Al-Ikhlas .. catatan ini .. di khususkan bagi anda - anda yang belum tahu .. dan sebagai catatan pribadi saya sendiri .. Ok Next .. Sebelum kepembahasan kali ini .. ada baik nya .. baca juga postingan saya terdahulu .. di bawah ini :

Surah Almulk ( Ayat 1 s/d 30 ) Dan Terjemahannya
Doa Wirid Setelah Sholat

images?q=tbn:ANd9GcTw_Igp0WnxCSEyIbr5N_M


Bacaan surat Al Ikhlas ialah :


Bismillaahirrahmaanirrahiim

1. Qul huwallaahu ahad ..
2. Allahus shamad ..
3. Lam yalid wa lam yuulad ..
4. Wa lam yakum lahu kufuhan ahad ..

Artinya :


Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang ..

1. Katakanlah : "Dialah Allah, Yang Maha Esa .."
2. Allah adalah tempat bergantungnya segala sesuatu ..
3. Dia tiada beranak dan tiada diperanakkan ..
4. Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia ..

Mengenai keutamaannya .. Nabi Muhammad SAW .. Telah bersabda :
"Man qara a ( qul huwallaahu ahad ) fa ka annamaa qara a tsulutsal qur'aani .."

Artinya :
"Barang siapa yang membaca .. Qul huwallaahu ahad" .. ( Surat Al Ikhlas ) .. maka seakan - akan dia telah membaca sepertiga Al Qur'an .."
( HR. Ahmad dan An Nasai ) ..


"Man qara a ( qul huwallaahu ahad ) .. tsalatsa marraatin fa ka annamaa qara al qur'ana ajma'a .."

Artinya :
"Barang siapa yang membaca "Qul huwallaahu ahad" tiga kali .. maka seakan - akan dia telah membaca Al Qur'an seluruhnya .."
( HR. Al 'Uqaili dari Rajaa Al Ghanawi ) ..

"Man qara a ( qul huwallaahu ahad ) .. ahada asyara marraatin banallaahu lahu baitan fil jannati .."

Artinya :
"Barang siapa yang membaca "Qul huwallaahu ahad" sebelas kali .. Allah membangun rumah untuknya di surga .."
( HR. Ahmad dari Mu'adz bin Anas )

Hadis - hadis di atas menunjukkan .. betapa agungnya surat Al Ikhlas .. Karena di dalam surat Al Ikhlas ini .. sepenuhnya menegaskan kemurniaan atas keesaan Allah SWT ..

Adapun khasiat - khasiat yang terkandung di dalamnya banyak sekali .. antara lain :

1. Untuk mencapai segala yang dimaksud
Caranya : Bacalah surat Al Ikhlas 1.000 kali pada waktu antara salat Maghrib dengan salat Isya .. Setelah selesai .. mintalah kepada Allah segala yang di hajati .. Insya Allah .. Tuhan akan mengabulkan semua yang dimaksud ..

2. Menghindarkan dari semua bala bencana
Caranya : sebagaimana cara diatas .. maka bacalah surah Al Ikhlas ini 1.000 kali pada waktu antara salat Maghrib dengan salat Isya .. Berkat dari bacaan ini .. Insya Allah semua bala bencana akan terhindar ..

3. Terhindar dari rasa lapar dan dahaga
Caranya : Seandainya seorang berada di perjalanan .. atau di tempat yang jauh dari keramaian .. dan sukar didapatkan air atau mencari makanan .. maka bacalah "Ya Shamadu" sebanyak - banyaknya .. Insya Allah rasa payah .. apar dan dahaga akan sirna dengan sendirinya .. sehingga badan tetap kuat untuk meneruskan tujuan ..

4. Terhindar dari fitnah dan siksa kubur
Caranya : Bacalah surat Al Ikhlas pada orang yang sedang sakit .. Seandainya orang yang sakit itu .. lantas mati pada hari itu juga .. maka Insya Allah dia akan diselamakan dari segala fitnah kubur ..

5. Mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat
Caranya : Bacalah surat Al Ikhlas setiap hari sebagai amalan sehari - hari .. Insya Allah berkat surat Al Ikhlas yang kita baca itu .. kita akan mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat ..

Masih banyak lagi khasiat yang terkandung dalam surat Al Ikhlas .. Tapi kiranya khasiat yang telah disebutkan di atas .. sudah cukup digunakan untuk bekal hidup .. baik untuk sesuatu hajat yang sangat dibutuhkan .. atau untuk perisai badan agar sehat wal afiat .. terlepas dari gangguan lahir maupun batin ..

Kendatipun demikian .. apa pun yang kita lakukan dengan membaca surat Al Ikhlas itu .. adalah merupakan kecintaan kita kepada Al Qur'an .. Cinta kepada Al Qur'an sama halnya mencintai sunah Allah .. Pernah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW .. Datang kepada beliau menceritakan .. bahwa dia selalu memperbanyak membaca Surat Al Ikhlas di dalam salat .. karena kecintaannya .. Lalu beliau bersabda kepada sahabatnya itu .. "Kecintaanmu kepada surat Al Ikhlas itu dapat memasukkanmu ke surga .."
Subhanallah
..

Demikianlah khasiat / Manfa'at Surat Al Ikhlas .. mudah - mudahan kita semua dapat mengamalkannya .. dalam kehidupan sehari - hari ( terutama saya pribadi ) .. dan mudah - mudahan kita semua senantiasa Istiqomah dan bisa meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT .. Aamiin

Sampai Jumpa lagi .. dilain waktu dan lain kesempatan .. kurang lebihnya .. jika ada salah - salah kata dalam penulisan .. mohon di maklum .. dan semoga bermanfa'at .. akhir kata saya ucapkan ..

4338649.png


Wassalamu Alaikum WR.WB

 
Top
Loading...