Baca Juga

Assalamu Alaikum WR.WB


Cara Edit template / CSS Blogspot Bagian Font Style Dan Paging


Selamat malam kawan .. gimana kabar kalian semua .. alhamdulilah ya .. sekarang udah memasuki bulan suci ramadhan 1 minggu lebih .. udah ada yang bolong gak ni puasa nya ?? .. semoga saja lancar ya .. sampe lebaran tiba nanti .. dan alhamdulilah malam hari ini .. masih di berikesempatan untuk ngeblog disini .. setelah beberpa hari gak ada waktu banyak untuk menulis artikel disini .. dan sekarang alahamdulilah ada waktu .. untuk membuat postingan Cara Edit template / CSS Blogspot Bagian Font Style Dan Paging .. cara yang mau saya sampaikan ini .. sangatlah mudah .. apa lagi bagi kalian yang sudah pandai soal CSS / design template .. akan tetapi disini saya cuma meluangkan waktu untuk mengisi kekosongan waktu dan kekosongan blog ini aja .. dan harapan saya .. semoga sedikit nya bisa bermanfaat bagi bloger pemula sperti saya ya .. ok next kita lankut .. step pertama akan saya bahas .. soal Cara Ubah Jenis dan Ukuran Font Di Postingan Blog

Cara Ubah Jenis dan Ukuran Font Di Postingan Blog



images?q=tbn:ANd9GcQSKf9lDa9aD6tfhfi4g1I


Cara Ubah Jenis dan Ukuran Font Di Postingan Blog

- Blog adalah media yang pas untuk menuangkan ide dan gagasan yang kita miliki selama ini .. Blog menjadi pilihan tempat yang pas .. karena dengan media blog kita dapat mengekspresikan ide dan gagasan tersebut dalam bentuk tulisan yang kemudian dapat dilihat serta dibagi - bagikan kepada teman - teman kita lainnya .. Tidak hanya itu .. kita juga bisa mendapatkan komentar sebagai umpan balik dari teman dan pembaca yang perlu untuk kita tanggapi atas tulisan yang telah kita buat dan publikasikan ..

Sebagian besar orang menggunakan blog sebagai media untuk menulis .. Akan tetapi .. kita juga dapat menggunakannnya untuk keperluan lainnya .. Bagi kita yang terbiasa untuk menulis dan mempublikasikan tulisan tersebut di blog .. kita tentu akan merasa senang jika tulisan tersebut juga mendapatkan respon yang baik dari para pembaca .. Salah satu bentuk respon yang baik tersebut seperti bagusnya komentar yang masuk baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya ..

Adakah trik untuk mendapatkan semua itu ?? .. Tentu saja ada berbagai faktor yang perlu untuk kita pertimbangkan agar banyak pengunjung yang membaca tulisan kita hingga akhirnya membaca dan memberi komentar dengan baik .. Salah satu faktor mendasar yang penting untuk kita perhatikan adalah jenis tulisan yang kita gunakan dalam postingan blog kita ..

Nah .. Berkaitan dengan pemilihan huruf yang pas bagi postingan blog kita .. bagaimana cara untuk mengubah ukuran dan jenis font dalam postingan blog kita ?? .. Berikut ini akan dijelaskan cara mengubah jenis font dan ukuran font di dalam postingan blog kita .. sebelum saya kasih cara nya .. dibawah ini saya kasih contoh nya dulu .. perbedaan kedua gambar .. sebelum dan sesudah pergantian / penambahan kode CSS pada template nya ..

G01-1.png
Gambar Sebelum


Gambar diatas menunjukan isi dalam postingan .. perhatikan tanda panah merah .. text dalam postingan kita terdapat banyak celah .. atau dalam kata lain .. postingan tersebut namapak tidak rapih .. posisi text tidak sesuai dengan ukuran lebar tempplate nya .. itu bukan karna ukuran font nya saja yang terlalu besar .. melainkan kita harus menambahkan kode sperti ini text-align:justify; .. Nah .. dengan penambahan kode sprti itu .. walaupun ukuran font nya .. misal font-size: 20px; juga .. hasilnya akan terlihat rapi .. tulisan dalam postingan akan sesuai dengan ukuran lebar pada template nya .. kurang lebih nya mungkin sperti itu .. dan dibawah ini hasil dari penambahan kode tersebut ..

G02-1.png
Gambar Sesudah


Gambar diatas terlihat rapi kan ?? .. isi postingan pas dengan lebar template .. tidak sperti pada gambar sebelumnya .. nah .. lantas bagaimana cara buat nya ?? .. dan dari kedua gambar tersebut font style nya berbeda ?? .. apa memang sudah di rubah ?? .. yupps .. tentu saja sudah di rubah .. dan untuk cara ngerubah / cara pemasangan nya .. sebagai berikut ..

1. Sign in / Masuk dulu ke blogger kalian masing - masing ..
2. Klik rancangan ..
3. Klik Edit HTML ( pada template )
4. Klik / Contreng expand template widget ..
5. Cari Kode Berikut ini .. di bagian CSS nya .. .post-body { .. atau bisa kita tambahkan sendiri .. sperti kode di bawah ini ..

.post-body {
font-family: "Times New Roman", Arial, Helvetica, sans-serif, impact, Josefin slab, verdana;
text-align: justify;
font-size: 15px;
}




Keterangan :

untuk gaya font style nya .. seperti Times New Roman, Arial, Helvetica,Sans-Serif, Impact, Josefin Slab, Verdana .. ganti dengan gaya font style yang agan suka .. dan tentunya font style yang lumrah dipake oleh semua blogger ya .. jangan sembarangan menggunakan font style dalam CSS .. karena akan berdampak kurang baik .. nanti akan saya kasih tips nya juga .. untuk mengunakan font style apa saja nya .. dan kode di atas cukup letakan pada bagian css nya .. bisa juga dibawahnya kode sperti ini body { .... } ..

Gimana .. sangat mudah dan simple banget bukan ?? .. & Pada dasarnya tujuan utama pengunjung datang ke blog kita adalah untuk membaca .. Karena itu, berikanlah tampilan jenis font yang selaras dengan desain template blog kita dan mudah serta nyaman untuk dibaca .. Atur juga ukuran font agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil .. Sehingga, dengan pengaturan jenis dan ukuran font di postingan blog yang pas akan membuat pengunjung semakin betah untuk berlama - lama membaca setiap halaman postingan di blog kita .. dan dibawah ini .. tips pemasangan font style yang umum di gunakan oleh semua blogger ..

Tips : Memilih Jenis Huruf ( Font ) Terbaik untuk Blog



blog.jpgJENIS huruf ( font ) menjadi isu tersendiri dalam dunia desain web .. termasuk blogging .. Jenis huruf akan menentukan tingkat keterbacaan ( legibility and readability ) sehingga berpengaruh pula pada SEO dan User Friendly .. jadi Kita haris "bijak" dalam menentukan jenis huruf .. Tidak bisa "seenaknya" atau "egois" dalam menentukan jenis huruf untuk teks posting blog .. Ingat !!! Tidak semua font terinstall di komputer user / pengunjung / pembaca .. Jadi .. pilih saja font yang umum digunakan dan terinstal .l. Jika kita peke font "aneh" .. tapi ternyata gak ada di komputer / perangkat user .. maka font itu jadi "berantakan" atau gak bisa muncul sama sekali .. Sebagai perbandingan dan acuan .. Facebook menggunakan jenis huruf Lucida Grande. Kalau kita intip, Facebook menggunakan kode begini: font-family: 'lucida grande',tahoma,verdana,arial,sans-serif; ..

Dan stelah saya mengubek - ubek beberapa sumber soal Jenis Huruf ( Font ) Terbaik untuk Blog ini .. dapat disimpulkan .. inilah daftar font paling banyak digunakan dan terbaik untuk blog .. Intinya, jangan gunakan font yang aneh - aneh .. yang penting mudah dibaca user deh .. Percuma huruf bagus, indah, kalo sulit dibaca atau "bikin pusing" pembaca .. kalau cuma dapat dilihat dan dibaca sendiri .. ya gak ? Hehe ..

Daftar Font paling banyak digunakan dan terbaik untuk blog

Arial, Verdana, Tahoma, Helvetica, Georgia, Palatino Linotype, Times New Roman, Trebuchet MS, Courier New

Udah cuma itu .. dan cuma segitu Cara Ubah Jenis dan Ukuran Font Di Postingan Blog .. sangat mudah dan simple banget bukan ?? .. nah .. sekarang tinggal ketahap / step kedua .. yaitu Cara Buat Paging .. sebelum melanjutkan .. mungkin ada yang belum tau itu paging ?? .. baiklah .. yang saya maksud ini .. yaitu sesuatu yang beetuliskan << Prev - Next >> .. ada juga yang berbentuk angka .. sperti ini 1 2 3 4 5 >> .. jumlah angka tergantung banyak nya postingan ya .. jika banyaknya postingan .. banyak juga jumlah angka pada paging tersebut .. dan disini say akn kasih contoh nya .. Cara Buat paging Angka .. sebelum saya kasih kode nya .. dibawah ini gambar .. sebelum dan sesudah pemasangan kode paging nya ..

Paging01.png
Paging sebelum


Gambar diatas .. masih menggunakan paging standar / yang biasa .. bawaan dari template default yang sebelum nya .. kita pilih .. saat pertama pembiatan blog nya ..

Paging02.png
Paging sesudah


Gambar diatas sesudah menggunakan kode yang sperti dibawah ini .. dan di sana cuma tertera dua angka .. yaitu 1 2 >> .. ya karena memang blog saya itu masih baru .. dan disini sekalian saja promosi blog baru hihihi .. silahkan untuk yang ingin sekedar lihat - lihat .. klik link ini http://dp-bbm23.blogspot.co.id .. untuk menuju ke blog bafu itu .. lain kali aja .. sekarang cara pembuatn nya aja dulu .. silahkan yang minat .. Copas aja kode di bawah ini ..

Langkah Membuat Blog Pager Number Fast Load di Blog / Paging Num ber

1. Masuk ke akun Blogger ..
2. Klik dasbord ..
3. Klik template ..
4. Edit HTML ..
5. Letakan Kode dibawah ini .. yang ada didalam blockquote .. tepat di atas kode ]]> ..

6. Copas kode ini
#blog-pager {
text-align: center;
}
.showpageArea {
overflow: hidden;
padding: 5px 0;
}
.showpageOf {
background: #eee;
padding: 2px 5px;
margin-right: 5px;
}
.showpagePoint {
background: #00a3ff;
color: #fff;
padding: 2px;
margin-right:3px;
}
.showpageNum a {
background: #eee;
padding: 2px 4px;
margin-right:3px;
color: #000;
}
.showpage a {
background: #eee;
padding: 2px 4px;
margin: 0;color: #000;
margin-left: 3px;
}



7. Kemudian Letakkan lagi kode berikut tepat di atas </body>

8. Copas Kode Ini ..
<script type='text/javascript'>
var pageCount=5;
var displayPageNum=3;
var upPageWord ='«';
var downPageWord ='»';
</script>
<script src='https://googledrive.com/host/0Bw3q8HSeJW0xdUtvZHJvZ2p6dDg/pager-masyadi.js' type='text/javascript'>
</script>



8. Simpan / Save Template .. dan lihat hasil nya .. jika sukses .. maka hasil nya sperti pada gambar di bawah ..

Cara-Mudah-Membuat-Fast-Load-Blog-Pager-


Gimana simplekan ?? .. Cara Membuat Blog Pager Number Fast Loading di Blog / Paging Number .. jika agan tertarik dengan widget tersebut silahkan pasang dan terapkan di blog agan .. dengan mengikuti tutorial diatas .. kalau ada masalah atau kendala silahkan aja komen dibawah .. kalau saya bisa bantu akan saya bantu ..

Tutorial Blogging >> Post Unggulan :




Penulis
Casa.png Dari, Majalengka, Rajagaluh - Jawa Barat
MyProfil.pngUser.png OCHA
Jangan jadikan sesuatu ke gagalan sebagai ketakutan untuk mengulang nya kembali .. Sehingga anda tak mau mencoba nya lagi .. Tapi jadikan lah ke gagalan sebagai awal ke suksesan untuk menjadi yang lebih baik dari sebelum nya ..." [View More]

twitter-icon.png facebook-icon.png google-icon.png Add Friend

4f2396db8f1172a17b478a5a5.png



Itulah Postingan kali ini .. mengenai » Cara Edit template / CSS Blogspot Bagian Font Style Dan Paging « .. yang bisa saya bagikan .. Pada kesempatan yang ke 77x nya ini .. Kurang lebih nya mohon di maklum aja .. Jika ada salah - salah kata atau pun penulisan .. Semoga bermanfaat dan sampe ketemu lagi di lain waktu dan lain kesempatan .. Akhir kata saya ucapkan ..

Wassalamu'Alaikum WR.WB

 
Top
Loading...