Baca Juga

Assalamu Alaikum WR.WB


Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Domain TLD Gratisan dari Freenom ke Blogspot


Selamat dini hari kawan semua nya .. di mana pun kalian berada .. sebelum dan sesudah nya terimakasih banyak .. jika mau membaca post ini .. dari awal sampe akhir .. yaitu tentang Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Domain TLD Gratisan dari Freenom ke Blogspot .. dan sebelum melanjutlan ke step by step nya .. ada baik nya jga .. baca postingan saya tempo lalu .. mungkin sedikit nya jauh lebih bermanfaat .. yaitu soal 3 Lagu Paling Ampuh Untuk Minta Maaf Plus Lirik .. dan juga Cara Buat Wap Download Di Wapka Dengan Template Ala Blogger Keren Dan Responsive .. sekarang mau coba sedikit mengulas soal mengganti domain ke blogspot ..

Ini bukanlah cara baru .. bukan juga trik .. namun cuma sedikit tips / tutor singkat buat pemula seperti saya & untuk pengingat saya pribadi juga .. barang kali sewaktu waktu lupa .. dan tanpa basa - basi lagi .. kita langsung saja .. ke pembahasan kali ini .. yaitu Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Domain TLD Gratisan dari Freenom ke Blogspot ..

Untuk mengetahui cara mengganti domain blogspot ke domain TLD seperti .com / .net / .id / .web.id / .me / .org dan lain - lain nya .. para blogger pemula seperti saya ini wajib memahami cara penyetelan-nya .. agar suatu saat kita mampu melakukan sendiri tanpa meminta bantuan orang lain .. hanya untuk sekedar mengganti domain untuk blogspot kita sendiri ..

Pada dasarnya .. blogspot menggunakan domain yang terasa panjang dan kurang begitu bagus .. meski ini juga bukan menjadi satu jaminan untuk menjadikan blog kita semakin populer .. tetapi rasa nya terlalu panjang aja .. ada embel - embel blogspot nya .. mempunyai nama blog yang panjang pada blogspot menurut saya tidak begitu mudah untuk di ingat .. misalnya saja : >> http://dp-bbm23.blogspot.com

Disini penting sekali bagi blogger yang mempunyai nama blog yang panjang untuk dibuat lebih pendek lagi dengan bantuan TLD ( Top Level Domain ) .. Apa arti dari top level domain ?? .. arti sederhana-nya yaitu nama extensi terakhir dari suatu alamat website yang umumnya ber-akhiran .com / .net / .id dan sebagai-nya .. sehingga jika kita terapkan pada contoh nama domain seperti diatas dengan TLD .. maka nama web / blog kita nanti akan menjadi seperti dibawah ini contoh-nya :



Baca Juga :




freenom.com.png


Dengan begitu kita bisa menghilangkan subdomain blogspot yang sudah menjadi bawaan secara default sejak pertama kita buat di blogger.com .. Keuntungan dari domain TLD seperti ini tentu akan lebih mudah di ingat .. karena alamat url web / blog kita menjadi semakin pendek .. dan banyak lagi keuntungan-keuntungan lain yang bisa kita dapatkan .. salah satu contoh nya :

Jika agan ingin membuat blog agan sebagai sarana jual-beli online .. akan lebih bagus lagi jika agan menggunakan domain TLD dibanding tetap menggunakan subdomain bawaan blogger ( blogspot.com ) .. karena akan sedikit menaikkan prestise ( imho ) ..

Registrasi Domain TLD Gratis




Pada kesempatan kali ini .. sebagai bahan praktek .. agar kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian suatu domain TLD maka saya akan memanfaatkan fasilitas domain gratis yang di sediakan oleh freenom.com .. yang mana dengan bantuan layanan freenom,com tersebut .. kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa domain .. akan tetapi .. selama kita menggunakan fasilitas domain gratis dari freenom ini .. kita tidak bisa menggunakan domain seperti .com dan sejenis-nya .. dan berikut ini daftar nama - nama domain yang disediakan secara gratis oleh freenom.com yang bisa kita gunakan dengan durasi satu tahun .. silahkan disimak dibawah ini ..

freenom%2Blogo.png


Daftar Nama - Nama Domain Gratis Dari Freenom


  • .TK
  • .ML
  • .GA
  • .CF
  • .GQ


Sebagai bahan praktek .. saya rasa dengan menggunakan salah satu nama domain diatas .. bagi saya sudah cukup untuk dipakai meski mungkin sebagian kalangan menganggap nama domain diatas terasa kurang ber-gengsi .. namun jika agan ingin menghemat kantong .. tidak ada salah-nya untuk mencoba layanan domain gratisan ini .. Selain itu .. dengan metode ini .. kita juga tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa hosting .. jadi semua layanan kita cari yang serba gratis dari domain hingga hosting ..

Oke Next .. setelah agan setuju dengan metode ini .. agan bisa melanjutkan untuk membaca artikel ini .. hal yang perlu dilakukan pertama kali yaitu .. agan perlu mendaftar dulu ke situs freenom.com dengan meng-klik link ini .. setelah di klik .. berikut nya ikuti perintah yang ada di sana .. yaitu ..

Silahkan memasukkan email dan password, .. dan ikuti petunjuk yang ada ( maaf tidak saya jelaskan secara detil .. karena proses registrasi-nya cukup mudah sekali ) .. setelah agan mengkonfirmasi proses pendaftaran yang sudah di kirimkan ke email yang agan gunakan pada proses registrasi .. kini agan bisa mengakses freenom dan langsung bisa mencari ketersediaan nama domain yang akan agan gunakan .. contohnya ada pada gambar dibawah ini :

registrsi%2Bdomain%2Bdi%2Bfreenom.png


Setelah itu silahkan cari nama domain yang akan agan terapkan untuk blogspot agan di papan pencarian .. lalu silahkan tekan tombol "Cek Ketersediaan" .. dan tunggu hingga proses pencarian nama domain selesai .. ( misal disini sebagai contoh saya mencari nama web "cara-ku" sesuaikan dengan selera agan ) .. nanti disana akan tertera nama - nama domain semisal cara-ku.ml / cara-ku.tk / cara-ku.gq / cara-ku.ga / cara-ku.cf .. lalu pilih yang sesuai dengan agan suka .. jika nama yang anda maksud belum di gunakan / tersedia ..

Lebih jelas nya jika nama domain "cara-ku.tk" sudah ada yang menggunakan .. jadi silahkan pilih yang lain .. entah itu domain .ml atau mungkin .ga ( itu kembali lagi ke selera agan ) .. dan jika setelah mendapatkan pilihan nama yang sesuai .. lalu klik tombol "Dapatkan sekarang" .. sebagai contoh .. saya comot nama domain "cara-ku.ml" ..

Setelah sudah terpilih sesuai dengan selera agan .. Berikutnya cari tombol "Pemeriksaan" lalu klik dan nanti agan Jangan lupa untuk memilih durasi 12 Month @ FREE ( karena disini kita akan menggunakan nya selama 12 bulan gratisan ) .. lalu selanjutnya klik tombol "continue" .. dan tinggal ikuti proses-nya hingga selesai ..

Proses seting redirect di panel blogspot


Setelah domain gratis sudah kita dapatkan .. kini agan bisa mengakses menu Domain yang ada pada panel freenom agan .. lalu pilih My domain .. setelah itu cari list domain yang sudah agan dapatkan tadi .. lalu klik menu "Manage domain" yang ada dibagian kiri sesuai dengan lajur nama domain-nya ..

Setelah terbuka .. pilih menu "Manage Freenom DNS" .. dan setelah itu agan akan menemui tampilan seting menu input daftar DNS .. silahkan input satu persatu DNS dibawah ini sesuai seperti contoh pada gambar dibawah ya !!! .. berikut daftar DNS beserta sampel gambar cara pengisian-nya :



Dan Berikut Contoh format pengisian DNS di panel Freenom :



pengisian%2Bdns%2Bgoogle.png



  • bagian Name .. dikosongkan
  • bagian Type .. ~> pilih A
  • bagian Target .. ~> masukkan Ip DNS diatas ..


Setelah proses input DNS selesai .. tinggalkan dulu seting input DNS tersebut .. lalu buka tab baru .. untuk masuk ke panel blogger agan .. berikutnya langsung akses menu "Settings" atau "Setelan" seperti gambar dibawah .. lalu klik tulisan "Siapkan Url pihak ke 3 untuk blog anda" ..

seting%2Bredirect%2Bdomain.png



Setelah agan klik .. lalu masukkan nama domain sesuai dari apa yang sudah kita dapatkan di freenom tadi .. jangan lupa sertakan "www" .. misal tadi dari Freenom nya cara-ku.ml .. menjadi www.cara-ku.ml ..

Setelah selesai .. klik tombol "Save / Simpan" .. maka akan ada peringatan error .. pada bagian ini agan tak perlu khawatir .. pada pesan error ini .. ada point penting yang harus kita catat / ( Copas ) .. dan itu nanti akan kita masukkan ke panel DNS di panel freenom tadi .. Dan silahkan copy - paste satu persatu data informasi CNAME yang ada di bagian kata error tadi .. untuk di terapkan di panel DNS freenom tadi .. dan contoh nya seperti berikut ..

pengisian%2Bcname%2Bblogspot%2Bdi%2Bfree



Setelah jika dirasa sudah benar format pengisian-nya .. agan bisa menekan tombol "Save Changes" selanjut nya agan buka lagi tab baru .. untuk pindah lagi ke setelan blogger tadi .. untuk menyimpan setting yang sudah agan kerjakan tadi .. lalu klik "Save / Simpan" jika berhasil .. maka akan tampil seperti ini www.cara-ku.ml .. itu tanda nya sudah berhasil ..

Bagaimana .. sangat mudah bukan ?? .. Dengan mempelajari metode redirection domain dari freenom ini .. setidaknya cukup mewakili untuk seting domain TLD dari penyedia domain yang lain .. semoga artikel sederhana ini bisa membantu agan yang ingin mencoba mengganti subdomain blogspot ke domain TLD ..

Sekedar catatan : di freenom .. agan juga bisa membeli domain seperti .com / .net / .org / .id / .co.id dan yang lainnya .. jadi freenom tidak semata menyediakan domain gratis saja .. domain berbayarpun bisa agan tebus juga di situs freenom ini .. dan harganya pun menurut saya cukup murah lho .. dan di bawah ini blog - blog dari blogspot .. yang sudah pake domain gratis dari freenom ..



Keren - keren kan ?? Di samping itu lebih simple .. pendek dan mudah di ingat .. dan jika tertarik .. silakan di coba dengan mengikuti cara - cara di atas .. semoga berhasil dan selamat mencoba .. untuk cara freenom ke wap wapka .. silakan baca artikel saya pada link di atas .. dan ini link yang sudah menggunakan dari domain freenom .. www.cewexx.ml sebelum nya memakai subdomain dari wapka http://list-video.wapka.me gimana keren kan ?? .. cara nya silahkan baca saja pada link di atas ..

Penulis
Casa.png Dari, Majalengka, Rajagaluh - Jawa Barat
MyProfil.pngUser.png OCHA
Jangan jadikan sesuatu ke gagalan sebagai ketakutan untuk mengulang nya kembali .. Sehingga anda tak mau mencoba nya lagi .. Tapi jadikan lah ke gagalan sebagai awal ke suksesan untuk menjadi yang lebih baik dari sebelum nya ..." [View More]

twitter-icon.png facebook-icon.png google-icon.png Add Friend

4f2396db8f1172a17b478a5a5.png



Itulah Postingan kali ini .. mengenai » Cara Mudah Dan Cepat Mengganti Domain TLD Gratisan dari Freenom ke Blogspot « .. yang bisa saya bagikan .. Pada kesempatan yang ke 87x nya ini .. Kurang lebih nya mohon di maklum aja .. Jika ada salah - salah kata atau pun penulisan .. Semoga bermanfaat dan sampe ketemu lagi di lain waktu dan lain kesempatan .. Akhir kata saya ucapkan ..

Wassalamu'Alaikum WR.WB

 
Top
Loading...