Baca Juga

Assalamu Alaikum WR.WB


Cara Menampilkan kode HTML dalam Postingan


Selamat Siang jelang sore kawan .. ketemu lagi dengan admin Ocha .. pada kesempatan kali ini .. akan sedikit berbagi cara memasukan kode HTML kedalam postingan .. post ini bukan di tujukan buat siapa - siapa .. melainkan cuma sekedar mengisi kekosongan waktu & mengisi kekurangan saja di blog ini .. dan di samping itu .. semoga saja dapat berguna bagi Newbie - Newbie seperti saya .. yang belum tau bagaimana cara pasang nya .. dan tanpa panjang lebar lagi .. langsung saja ke inti pembahasan kali ini .. dan sebelum nya akan sedikit saya jelaskan dulu .. apa itu kode HTML .. dan apa kepanjangan dari HTML .. hehehe cuma memperpanjang pembahasan aja ..

Baca Juga : 2 Cara Memasang Kolom Komentar Facebook Terbaru 2016 Untuk Blog Blogger ( Blogspot.co.id )



images?q=tbn:ANd9GcSlphsMV8TxLlHQlWdfl3v


Ok baiklah Next .. berikut ini akan saya sesikit jelaskan apa itu HTML ?? .. HTML Yaitu Singkatan kata dari ( Hyper Text Markup Language ) .. dan pengertian dari HTML adalah salah satu bahasa yang paling umum dan paling sederhana untuk menulis di web .. Sama seperti orang yang berbeda bahasa berbicara pun berbeda .. Internet juga memiliki bahasa sendiri .. Dan dengan bantuan bahasa HTML .. kita dapat meng-upload data di internet seperti yang kita inginkan ..

Baca Juga : Cara Buat Pop Up Like Box Fanspage Fb / Google Plus / Twitter Terbaru



HTM adalah file teks atau file ASCII yang berisi perintah dengan script kepada web browser .. agar menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman di web .. Dalam file HTML terdiri dari beberapa “tag HTML” atau kode-kode HTML .. yang dimengerti oleh web browser agar dapat menampilkannya pada halaman-halaman web ..

Baca Juga : Cara Buat Headline / Breaking News



File HTML dapat dibuat melalui aplikasi text editor apapun di sistem operasi apa saja .. antara lain : Notepad di Windows, emasc atau vi di Unix atau SimpleText di Macintosh dan juga telah banyak tersedia aplikasi instan HTML editor .. File HTML ini juga bisa dibuat pada aplikasi MS Word asalkan menyimpannya melalui save as format plain text ..

Baca Juga : Cara Buat Efek Load Page Pada Blogspot



Salah satu kelebihan file HTML adalah cross platform .. maksudnya file HTML dapat dibuka atau ditampilkan di beberapa Sistem Operasi yang berbeda .. dan memiliki tampilan yang persis sama meskipun saat pembuatan dan pengeditannya menggunakan operating sistem yang berbeda ..

Baca Juga : Code Script fb autolike dan cara buat layout halaman login fb dengan tag div dan css



Gimana setalah saya sedikit jelaskan .. sudah cukup paham kan .. apa yang saya maksud ?? .. ok saya rasa sudah paham saja ya .. jika ada yang masih kurang mengerti .. silahkan pertanyakan lewat komentar saja .. dan di postingan kali ini .. sedikit mengulas bagaimana cara memasukan kode HTML tersebut .. di dalam postingan .. dan cara nya pun sangatlah mudah .. cuma mengganti beberapa bagian tag ..

images?q=tbn:ANd9GcT9TgRNYr2VGzNkDMQ4BA9


Next .. yang saya maksud mengganti beberapa tag .. yaitu seprti kode yang ada di dalam table di bawah ini ..

Code Sebelum DiparseCode Sesudah Diparse
&& amp;
<& lt;
> & gt;

"

& quote;
± & plusmn;
©& copy;
®& reg;
KeteranganCode Tanpa Spasi

Kebanyakan masih saya lihat ada yang menggunakan kode bintang * di sela - sela kode .. semisal berbagi cara buat textarea .. dan kode yang di share sperti contoh di bawah ini ..

<*textarea*>letakan kode disini<*/textarea*>


Atau pun ada juga yang menggunakan tanda space / spasi di sela - sela kode yang di share .. seprti contoh di bawah ini ..

< textarea >letakan kode disini< /textarea >


Cara di atas memang mungkin ada alasan tersendiri juga .. dari setiap orang yang memposting nya .. semisal beralasan malas untuk di parse terlebih dulu ? .. atau tidak tahu cara mengganti nya ? .. bisa juga menurut nya cara itu mudah dan mengehemat waktu .. tapi kalau buat saya pribadi .. jika mempostingan yang memerlukan banyak kode .. kadang - kadang tidak di parse terlebih dulu .. apa lagi kalau di saat ngblog lewat hp .. dan memeelukan banyak waktu d saat ngetik .. karena kode yang panjang .. dan saat di review / di pratinjau .. terlihat ok .. dan siap di puiblish .. tapi pas saat di publish .. kode brantakan .. akhir nya di sunting ulang dan di beri tanda bintang / spasi .. akan tetapi disisi lain cara ini .. kurang begitu membantu bagi orang yang membutuhkan kode yang kita share tersebut .. kenapa begitu ? .. ya tentu jelas .. udah pastinya si orang tersebut harus mengedit ulang .. sperti membuang tanda bintang .. atau menghapus spasi .. jadi intinya apa yang kita begikan kurang akurat dan kurang memuaskan aja gitu hehe .. nah maka dari itu .. sebaik nya jika memposting yang memerlukan kode .. jangan lagi pake tanda bintang ataupun spasi ya .. lebih enak kan seprti di bawah ini ..

<textarea>letakan kode disini</textarea>


Udah terlihat rapi .. memudahkan juga bagi orang yang membutuhkan kode yang kita share tersebut .. tanpa harus mengedit ulang .. membuang tanda bintang ataupun spasi .. dan cara nya juga tidak rumit .. seprti contoh nya padà table di atas .. yaitu dengan cara ..

  • > ganti dengan ini >> >
  • < ganti dengan ini >> <


Sangat mudah banget bukan ?? .. memang sih kalau kita berbagi sebuah kode yang begitu banyak .. pastinya pegel juga .. mengganti tag penutup satu persatu .. tapi kalau begitu .. udah aja gak usah berbagi .. kalau ngrasa pegel atau pun males .. ya kan ? Hehe .. ok dweh tanpa banyak basa basi lagi .. dari pada pegel .. silahkan gunakan saja .. generator parse kode html .. lebih mudah dan simple .. tinggal kita masukan kode yang mau di parse .. setelah itu klik conver .. otomatis semua tag penutup tanpa harus kita ganti satu persatu .. tinggal copy dan masukan kedalam bahan poatingan kita .. sangat membantu dan mudah banget bukan ?? .. dan berikut contoh nya ..

Code Sebelum Di parse / di Convert


sblm.png


Code Sesudah Di parse / di Convert


ssdh.png


Dan untuk menggunakan .. widget / generator parse HTML tersebut .. silahkan masuk ke wapku yang satu ini .. saya buatkan generator tersebut disalah satu wap .. yang sebagian alamat IP pada browser di block .. kira - kira sprti itulah .. karna memang wap nya .. wap khusus orang dewasa saja .. yang belum cukup umur di tolak hahaha .. gk kok .. cuma lagi error aja ni pala .. gk konsen ngetik nya jga ;) .. ok lah yang mau menggunakan silahkan klik link di bawah ini ..

click-here.gif

Click Here


Totorial Blogging >> Post Unggulan



Penulis
Casa.png Dari, Majalengka, Rajagaluh - Jawa Barat
MyProfil.pngUser.png OCHA
Jangan jadikan sesuatu ke gagalan sebagai ketakutan untuk mengulang nya kembali .. Sehingga anda tak mau mencoba nya lagi .. Tapi jadikan lah ke gagalan sebagai awal ke suksesan untuk menjadi yang lebih baik dari sebelum nya ..." [View More]

twitter-icon.png facebook-icon.png google-icon.png Add Friend

4f2396db8f1172a17b478a5a5.png



Itulah Postingan kali ini .. mengenai » Cara Menampilkan kode HTML dalam Postingan « .. yang bisa saya bagikan .. Pada kesempatan yang ke 65x nya ini .. Kurang lebih nya mohon di maklum aja .. Jika ada salah - salah kata atau pun penulisan .. Semoga bermanfaat dan sampe ketemu lagi di lain waktu dan lain kesempatan .. Akhir kata saya ucapkan ..



Wassalamu'Alaikum WR.WB

 
Top
Loading...